• ZulaikaNafira

Mencari Karyawan untuk Bisnis Anda; Kenali perbedaan Pekerja Paruh Waktu dan Pekerja Harian Lepas.

Diperbarui: Nov 13



Anda perlu menjelaskan perihal hak dan kewajiban yang akan dimiliki calon pekerja. Hal tersebut dirangkum dalam kontrak kerja sebelum Anda merekrut karyawan untuk bisnis Anda. Kontrak kerja merupakan perjanjian baik secara lisan mau pun tulisan antara pekerja dengan perusahaan. Dalam kontrak tersebut terdapat syarat kerja, kewajiban kerja, serta hak yang akan diterima dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan. 

Kontrak kerja diatur dalam UU no. 13 Tahun 2003. Dalam UU ini dibahas secara lengkap perihal kewajiban dan hak yang akan diterima oleh perusahaan dan pekerja.  Berdasarkan Pasal 56 ayat (1) UU Ketenagakerjaan, terdapat dua jenis perjanjian kerja yaitu PKWT dan PKWTT.  Lalu, bagaimana isi dan perbedaan kontrak kerja yang ada di Indonesia? hak apa saja yang harusnya diterima pekerja? Simak di bawah ini: 


Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT)

mengindikasikan calon pekerja akan menjadi pekerja tetap atau tanpa jangka waktu tertentu.  PKWTT diberikan bagi pekerja white collar yang pekerjaannya mengacu pada berjalannya bisnis secara fundamental.  Hak apa saja yang akan diterima pekerja dalam PKWTT? 

  • Masa kerja

Dalam PKWTT pekerja diperbolehkan untuk mengikuti masa percobaan terlebih dahulu, biasanya dalam jangka waktu tiga bulan. Dalam tiga bulan masa percobaan tersebut, karyawan berhak untuk mendapatkan upah lebih dari upah minimum. 

  • PHK / Pesangon

Apabila terjadi PHK perusahaan wajib untuk memberikan kompensasi berupa sejumlah uang. Menurut pasal 156 (ayat 1) terdapat tiga uang yang harus diberikan pada pekerja saat terjadi PHK: Uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan uang penggantian hak.  PHK yang terjadi juga harus berdasarkan hukum dan dapat diklasifikasikan menjadi dua; PHK karena pengunduran diri, hal ini termasuk: tidak lulus masa percobaan, memasuki usia pensiun atau pekerja meninggal dunia. Serta PHK karena kesalahan berat yang telah dilakukan pekerja yang diatur dalam Pasal 158 UU Ketenagakerjaan.



Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PWT)

mengindisikan perusahaan dan pekerja menjalin hubungan kerja pada waktu yang sudah ditentukan.  PKWT cocok bagi perusahaan yang sedang menjalani sebuah proyek baru atau sifatnya musiman.  Sebagai contoh, Anda sedang mengembangkan platform terbaru dalam produk Anda, namun dari segi revenue platform Anda belum dipastikan dapat menghasilkan, sedangkan Anda membutuhkan peran Graphic Designer untuk menjalankan platform tersebut. Waktu yang Anda miliki pun terbatas dan memerlukan pekerja yang bisa hadir ke kantor.  Maka mencari Graphic Designer dengan status PKWT bisa menjadi jawaban Anda dalam merekrut tim tambahan Anda.  Bagaimana dengan hak dan perjanjian dari PKWT?

  • Masa Kerja

Dalam Pasal 59 ayat (1) UU Ketenagakerjaan, PKWT hanya dapat dibuat untuk pekerjaan tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai dalam waktu tertentu, seperti:

  • Pekerjaan yang hanya selesai dalam sekali waktu, maksimal waktu penyelesaiannya 3 tahun;

  • Pekerjaan yang hanya akan ada secara musiman; atau

  • Pekerjaan yang berkaitan dengan suatu produk dan kegiatan baru atau adanya produk tambahan namun masih dalam proses percobaan.

Selama masa kerja pekerja PKWT juga tidak diperbolehkan adanya masa percobaan dalam masa kerja. 

  • PHK/Pesangon

PHK dapat terjadi sesuai dengan waktu yang sudah diperjanjikan dan pekerja tidak wajib untuk menerima pesangon. Perjanjian kerja dapat berakhir salah satunya adalah jika berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja

  • Kontrak Kerja 

Kontrak kerja harus dibuat secara tulisan dalam bahas latin 

  • Pencatatan

Pekerja dengan status PKWT wajib dicatatkan pada Disnaker





Perjanjian Kerja Harian Lepas (PKHL)

Merupakan pernjanjian yang termasuk dalam PKWT. PKHL sendiri mencakup pekerjaan yang berubah-ubah dalam hal waktu dan volume pekerjaan.  PKHL cocok bagi Anda yang memerlukan tenaga kerja secara harian, misal, Anda memiliki bisnis yang bergerak sebagai event organizer yang dalam waktu dekat akan menyelenggarakan acara besar dalam dua hari. Atau pekerja musiman seperti pekerja restoran untuk bulan Ramadhan, maupun liburan akhir tahun. Atau Pekerja gudang Warehouse dan Logistik pada akhir tahun (campaign e-commerce 12.12) dan sebagainya. Dalam event tersebut dipastikan Anda membutuhkan 200 orang lagi untuk bekerja sebagai runner dalam dua hari. Maka untuk memudahkan, PKHL adalah jenis kontrak yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan Anda.  Simak cakupan dari PKHL di bawah ini:

  • Masa kerja: 

Karyawan yang bersangkutan bekerja kurang dari 21 hari dalam satu bulan. Apabila karyawan bekerja lebih dari 21 hari atau lebih dalam kurun waktu tiga bulan, maka PKHL harus berubah menjadi PKWT.  Ada pula hal yang juga membedakan PKWT dengan PKHL dilihat dari kontrak pertama, perpanjangan dan pembaharuannya. 

  • PHK/Pesangon: 

PKHL terbilang fleksibel dibanding PKWT, hukum perihal PHK dan pesangon juga tidak ditetapkan layaknya PKWTT dan PKWT. Sebab, pekerja dan pengusaha dapat mengatur waktu sendiri sesuai yang dibutuhkan.  Itu tadi tiga jenis kontrak atau perjanjian kerja di Indonesia. Perlu diingat bahwa fungsi kontrak atau perjanjian kerja ini adalah sebagai bukti bagi kedua belah pihak telah melakukan persetujuan, sehingga tercipta lingkungan yang kondusif baik dari segi profesional mau pun hukum.  Bagaimana, sudah menentukan mana kontrak yang lebih sesuai dengan apa yang Anda cari sekarang? Di Workmate Anda bisa temukan Pekerja Harian Lepas dengan cepat dan mudah. Klik disini untuk mendapatkan PHL dengan mudah!

KONTAK KAMI

WA.png

021 - 421 - 4120

0813 - 1776 - 5289

ALAMAT

Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok G No.11, RW.8, Sumur Batu, Kec.Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10640

OUR SOCIAL MEDIA

  • Instagram
  • Facebook
  • YouTube
WHATSAPP 2.png

PEMBAYARAN

Pt. Hayookerja Abhinaya Indonesia
Bank Central Asia [ BCA ]

8310 - 15 - 7989

Note:

Hati-hati, kami hanya menerima pembayaran melalui rekening diatas

Total Visitor

©2020 HayoKerja. All Rights Reserved.