• ZulaikaNafira

Mempersiapkan Strategi Bisnis untuk Menghadapi 2021


Tahun sudah akan berganti, namun Pandemi COVID-19 belum juga sepenuhnya pergi dari dunia ini. Akibatnya, banyak pemilik bisnis dan pemimpin mempertanyakan bagaimana mereka dapat mengembangkan pertumbuhan strategi untuk 2021.Belakangan ini, beberapa bisnis sudah kembali dibuka selama kuartal terakhir tahun 2020. Namun ketidakpastian tetap menjadi rintangan masa depan bisnis di tahun 2021.


Pandemi Covid 19 menyebabkan kegiatan usaha berhenti dan rendahnya kemampuan bertahan pengusaha. Hasil survei Survei LIPI bersama Badan Litbang Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan dan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mencatat, setidaknya 39,4% usaha terhenti, 57,1% usaha mengalami penurunan produksi dan 3,5% usaha yang tidak terdampak.


Pandemi ini telah berdampak terhadap sektor ekonomi, keberlangsungan usaha dan pendapatan masyarakat. Maka dibutuhkan pula usaha strategis untuk bertahan dan mengembalikan penghasilan yang sempat terhenti di tahun 2020.


Menurut John Boitnott, Entrepreneur Leadership Network Vip, yang dibutuhkan pelaku bisnis saat ini adalah arah strategis untuk membantu menetapkan tujuan yang realistis di tahun mendatang.

Berikut beberapa cara untuk membangun strategi bisnis 2021, selama kuartal terakhir tahun 2020 ini:


Memperhatikan Regulasi dan Aturan