• ZulaikaNafira

Interpersonal skill yang wajib dimiliki oleh seorang pekerja


Interpersonal skill adalah keterampilan dalam bekerja. Seringkali perusahaan mencantumkan persyaratan ini di lowongan kerja. Karena kemampuan interpersonal atau interpersonal skill adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.


Kemampuan berinteraksi, soft skill, dan kecerdasan emosional adalah kunci dari interpersonal skill yang baik karena kemampuan ini fokus pada kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.


Ada banyak jenis interpersonal skill yang perlu dipelajari. Namun demikian, ada tujuh interpersonal skill yang paling penting.

Berikut keterampilan interpersonal yang paling penting dimiliki pekerja:


  • Komunikasi




Apapun posisi Anda, kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk keberlangsungan Anda di kantor. Berkomunikasi menjadi interpersonal skill yang paling penting dimiliki oleh pekerja.

Dengan kemampuan ini, Anda bisa berinteraksi dengan baik terhadap rekan kerja dan klien. Kemampuan berkomunikasi baik verbal dan tulisan sangat penting.


Dalam berkomunikasi, Anda juga memerlukan kemampuan mendengarkan yang baik. Dengan mendengarkan, Anda bisa memahami masalah dan mengambil solusi yang terbaik.

Tidak mudah untuk menjadi pendengar yang baik.


Namun demikian Anda bisa melatih kemampuan ini. Ada beragam cara untuk meningkatkan interpersonal skill ini yang bisa dicoba.

  • Empati



Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat dari sudut pandang orang tersebut, dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut.

Empati memainkan peran penting dalam membangun dan menjaga hubungan antara sesama manusia.


Penting bagi pekerja untuk memiliki empati pada orang lain. Anda perlu memahami dan menunjukkan rasa empati pada situasi tertentu.


  • Memecahkan masalah


Problem solving adalah kemampuan untuk menyelesaikan segala masalah dan mengambil keputusan yang sulit. Problem solving sendiri merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh setiap orang karena sangat berguna saat sudah bekerja di sebuah perusahaan.


Problem solving merupakan keterampilan interpersonal yang penting. Tidak hanya problem solving sederhana, pekerja dituntut untuk bisa memberikan solusi kreatif.

Mereka juga diharapkan bisa mengatasi masalah yang kompleks dengan solusi yang inovatif.


  • Sikap positif


Sikap positif artinya perilaku baik yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma kehidupan yang berlaku dalam masyarakat. Sikap positif tercermin dalam : Disiplin, suka bekerja keras, ulet, serta jujur.Setia kawan, kekeluargaan, rela berkorban, selalu menyelesaikan tanggung -jawab dengan baik, penolong, berani membela kebenaran serta memiliki toleransi yang tinggi.


Meskipun dihadapkan dengan situasi yang sulit, pekerja dituntut untuk tetap bersikap positif. Kemampuan ini akan membantu Anda menemukan jawaban yang rasional dan kreatif.

Sikap yang positif juga membuat suasana kantor lebih hangat.


  • Kerjasama


Kerjasama dapat diartikan sebagai suatu bentuk usaha bersama antara individu ataupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama sendiri dapat terjalin ketika terdapat dua individu yang sedang memiliki kepentingan dan tujuan yang sama, dan memiliki kesadaran untuk bekerjasama dan mencapai tujuan tersebut.


Kemampuan bekerjasama dengan baik juga penting di dunia kerja. Di banyak situasi, Anda diharuskan bekerjasama dengan rekan kerja.

Tidak banyak orang yang bisa bekerjasama dengan orang lain. Kunci dari kemampuan ini adalah berkomunikasi dan mendengarkan dengan baik.


  • Manajemen konflik


Dalam dunia kerja, konflik pastilah muncul. Karenanya, pekerja dituntut untuk memiliki manajemen konflik yang baik. Manajemen adalah pengelolaan untuk mengatur sebuah organisasi atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi.Sedangkan konflik adalah proses dua orang atau lebih yang melakukan tindakan untuk menyingkirkan orang lain. Jadi, manajemen konflik adalah sebuah pendekatan yang dilakukan serta diarahkan untuk komunikasi dengan pelaku konflik. Yang mana pelaku konflik dapat memengaruhi kepentingan bersama suatu organisasi.


Kemampuan ini dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah baik internal maupun eksternal perusahaan. Kemampuan memediasi, konseling, hingga problem solving diperlukan dalam manajemen konflik.


  • Negosiasi


Interpersonal skill yang berikutnya adalah negosiasi. Pada dasarnya, pengertian dari negosiasi adalah suatu bentuk komunikasi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia, baik itu dalam kegiatan bisnis, politik, dan kehidupan lainnya.


Kemampuan ini tidak hanya dimiliki oleh bagian sales atau marketing saja. Posisi lainnya juga penting memiliki kemampuan bernegosiasi. Kemampuan bernegosisasi bisa membantu Anda saat sedang menghadapi permasalahan.

Dengan kemampuan ini, Anda bisa mengajak rekan kerja untuk bersama-sama mengerjakan suatu projek.





Demikianlah beberapa interpersonal skill yang harus dimiliki dalam dunia pekerjaan. Dengan memiliki semua interpersonal skill ini bekerja akan jadi lebih mudah karna kita bisa mengatasi masalah dengan pekerjaan maupun dengan rekan kerja dengan cepat dan tanggap.


Jika kamu sudah merasa memiliki interpersonal skill yang baik, sekarang saatnya mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan termudah adalah melalui Hayo Kerja. Daftarkan dirimu sekarang agar mendapatkan lowongan terbaik untuk mempraktekkan interpersonal skillmu!

3 tampilan0 komentar

KONTAK KAMI

021 - 421 - 4120

WA.png

0813 - 1776 - 5289

ALAMAT

Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok G No.11, RW.8, Sumur Batu, Kec.Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10640

PEMBAYARAN

Pt. Hayookerja Abhinaya Indonesia
Bank Central Asia [ BCA ]

8310 - 15 - 7989

Note:

Hati-hati, kami hanya menerima pembayaran melalui rekening diatas

Total Visitor

OUR SOCIAL MEDIA

  • Instagram
  • Facebook
  • YouTube
WHATSAPP 2.png

©2020 HayoKerja. All Rights Reserved.