• ZulaikaNafira

Ingin belajar banyak hal? Keluarlah dari Zona Nyamanmu

Bicara depan orang banyak. Menghadiri acara untuk keperluan bisnis. Menghadapi teman kerja. Semua ini adalah hal yang tidak nyaman, namun harus dilakukan agar kita bisa berkembang secara profesional. Jadi, bagaimana caranya kamu keluar dari zona nyaman? Simpel: Jujur mengenai alasanmu; kenali kekuatanmu dan pergunakan itu; dan yang terakhir; lakukan saja. Jika kamu melakukan kesalahan, jangan khawatir. Itu adalah bagian dari proses belajar.

Ketika kamu harus berbicara di depan orang banyak, lututmu bergetar sebelum sampai ke podium. Ketika kamu ingin memperluas jaringan, kamu lebih memilih gigit kuku daripada beramah taman dengan orang baru. Berbicara lebih banyak dalam sebuah meeting bisa membawa reputasimu menjadi lebih baik, namun kamu lebih takut memilih kata yang salah. Situasi seperti ini ----- yang sangat penting untuk meningkatkan profesionalitas, namun secara pribadi sangat menakutkan ----- sayangnya bisa ditemukan di manapun. Cara gampang untuk merespon situasi ini adalah menghindar. Mengapa harus tidak nyaman ketika kita bisa menghindarinya?


Tetapi masalahnya, tentu saja, hal-hal ini bukan hanya tidak nyaman dilakukan, mereka juga perlu untuk dilakukan. Seiring dengan pertumbuhan kita belajar dan bekerja dalam karir kita, kita seringkali dihadapkan dengan situasi di mana kita harus beradaptasi dalam bertindak. Ini adalah fakta sederhana di dunia kita sekarang. Tanpa adanya kemampuan dan keberanian untuk melangkah, kita bisa kehilangan kesempatan berharga untuk berkembang. Bagaimana cara kita secara profesional berhenti menghindari hal tidak nyaman namun penting ini?


Pertama, Jujur pada diri sendiri.



Saat kamu menolak sebuah kesmpatan untuk berbicara di sebuah konferensi yang besar, apakah itu disebabkan karna kamu tidak memilki waktu, atau kamu terlalu takut untuk naik ke podium untuk berbicara di depan orang banyak? Dan ketika kamu tidak