• ZulaikaNafira

Cara Bertahan dan Betah di Lingkungan Kerja Baru

Diperbarui: 27 Nov 2020


Sebagai karyawan yang baru saja mengawali karir di tempat bekerja yang baru, pastinya akan ada rasa canggung, bingung harus berbuat apa atau tidak betah terlintas di pikiran. Merasa tidak cocok dengan pekerjaan atau orang-orang di sekitar lingkungan kerja juga bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi ketidaknyamanan karyawan baru. Ketika merasa tidak sesuai dengan lingkungan kerja padahal baru beberapa bulan, atau bahkan hari masuk, maka mencoba menyesuaikan diri adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk bertahan. Cara beradaptasi di tempat kerja baru pun ada strateginya. Ini beberapa tips mudah untuk mengatasinya.

1. Menentukan Tujuan


Sebagai karyawan baru, tentunya kita harus mempunyai tujuan utama dalam melamar pekerjaan. Apakah memang passion atau kbutuhan finansial atau hanya mempunyai pekerjaan agar tidak dicap pengangguran. Ketika masuk ke dunia kerja, seharusnya kita sudah bisa membayangkan apa yang akan dikerjakan di perusahaan tersebut. Menurut pembicara dan motivator kepemimpinan Ainy Fauziyah, mempunyai tujuan yang jelas dalam bekerja dapat membuat Anda lebih menikmati pekerjaan. "Tujuan kita setelah bekerja adalah membangun karir yang menurut saya mengekspresikan apa yang kita punya. Artinya menjadikan setiap keahlian yang kita miliki memberikan manfaat kepada banyak orang," ujarnya ketika diwawancarai di kantornya, PT. Aifa Globalindo, Grand Wisata, Bekasi.

2. Beradaptasi Melalui Mindset


Kantor adalah "rumah kedua". Namun, berbeda kantor, berbeda lingkungan. Dengan bekerja di kantor, pastinya kita akan bertemu beragam orang dengan kepribadian dan sifat yang berbeda-beda. Ada orang yang senang bekerja di dalam kantor, ada juga tipe orang yang lebih menyukai kerja di lapangan. Beradaptasi dengan cepat dapat membuat seseorang lebih mudah diterima dalam lingkungan kantor serta tidak menutup kemungkinan untuk mempunyai pengalaman baru.


Hal yang paling utama yang harus dilakukan untuk cepat beradaptasi a