• ZulaikaNafira

Cara Ampuh Menaklukkan Interview Pekerjaan

Tips dan trik untuk menjawab pertanyaan jebakan saat interview.


Telah banyak kejadian di mana orang gagal mendapatkan pekerjaan karena gagal menjawab pertanyaan saat sedang interview. Mungkin disebabkan faktor gugup, nge-blank atau tidak siap menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Tak jarang juga kita merasa menyesal karena baru sadar bahwa kita bisa menjawab pertanyaan dari questioner ketika interview sudah selesai.


Ada beberapa hal penting yang perlu kita ketahui untuk menghindari hal-hal tersebut terjadi dan kita datang interview dengan lebih siap dan lebih percaya diri. Perlu diketahui bahwa pertanyaan questioner biasanya bersifat menjebak, untuk itu kita perlu berhati-hati dan memikirkan dengan matang sebelum menjawab sebuah pertanyaan.


Berikut ini adalah pertanyaan- pertanyaan yang biasa ditanyakan saat interview dan beberapa tips menjawabnya agar kita bisa memberikan kesan baik tentang diri kita pada saat kita sedang melamar sebuah pekerjaan.



1. Apa kekurangan Anda?


Sebelum bertemu pewawancara, pikirkan baik-baik jawaban dari pertanyaan ini. Ini pertanyaan yang cukup menjebak. Karena di pertanyaan ini kita akan dinilai apakah kita mengenal diri kita sendiri dan apakah akan ada usaha untuk memperbaiki diri. Cara untuk menghadapi pertanyaan seperti ini adalah memikirkan sebuah jawaban negatif yang sebenarnya bersifat positif atau menguntungkan untuk perusahaan.


Misalnya, “Saya sangat memperhatikan detail dan di beberapa industri, terlalu mendetail bisa membutuhkan waktu lama sehingga kurang diperlukan. Namun di posisi akunting yang saya lamar ini, saya rasa saya bisa bekerja dengan baik dan nyaman" atau contoh lainnya, "Saya terlalu work-a-holic. Terkadang demi menyelesaikans ebuah pekerjaan, saya sampai lupa istirahat bahkan makan. Saya kadang terlalu fokus untuk menyelesaikan tugas saya dengan cepat."